DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pengalaman Belanja Online terhadap Niat Pembelian Ulang Online melalui Kepuasan Pelanggan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
RIZALDI, Herna
Subject
C793 Consumers 
Datestamp
2021-12-01 02:26:26 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian survei pengguna layanan belanja online (e-commerce) dengan judul ?Pengaruh Pengalaman Belanja Online terhadap Niat Pembelian Ulang Online melalui Kepuasan Pelanggan?. Tujuan penelitian menganalisis pengaruh pengalaman belanja online yang meliputi kepercayaan belanja online (e-trust), kualitas website yang dirasakan (perceived website quality), nilai belanja online yang dirasakan (perceived online shopping value), dan kepuasan dalam berbelanja online (e-satisfaction) terhadap niat pembelian ulang online (online repurchase intention). Populasi seluruh pengguna e-commerce dengan 152 responden ditentukan menggunakan purposive sampling method. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menunjukkan bahwa: (1) e-trust tidak berpengaruh terhadap online repurchase intention, (2) perceived website quality tidak berpengaruh terhadap online repurchase intention, (3) perceived online shopping value tidak berpengaruh terhadap online repurchase intention, (4) e-trust berpengaruh positif terhadap e-satisfaction, (5) perceived website quality berpengaruh positif terhadap e-satisfaction, (6) perceived online shopping value berpengaruh positif terhadap e-satisfaction, (7) e-satisfaction berpengaruh positif terhadap online repurchase intention, (8) e-trust berpengaruh positif terhadap online repurchase intention melalui e-satisfaction, (9) perceived website quality berpengaruh positif terhadap online repurchase intention melalui e-satisfaction, dan (10) perceived online shopping value berpengaruh positif terhadap online repurchase intention melalui e-satisfaction. Rekomendasi dari simpulan di atas yaitu upaya meningkatkan niat pembelian ulang, pihak manajemen e-commerce perlu fokus pada kepuasan pelanggan yang dapat diperoleh melalui kepercayaan terhadap e-commerce, kualitas website yang dirasakan, dan nilai atau manfaat belanja online yang dirasakan. Kepercayaan pelanggan diperoleh dengan memperhatikan reputasi perusahaan seperti citra yang baik dan popularitas, rasa aman menggunakan layanan seperti komitmen dan kejujuran penjual, dan kesesuaian informasi dengan kondisi produk, rasa percaya terhadap fitur dan layanan yang disediakan seperti kemampuan fitur menemukan produk yang sesuai harapan, rekomendasi produk terkait, dan alternatif produk. Kualitas website yang dirasakan diperoleh dengan memperhatikan layanan pelanggan seperti pemberian informasi gangguan sistem, traffic terlalu tinggi, fitur tidak dapat diakses, gangguan metode pembayaran, dan tanggapan keluhan pelanggan, keandalan website seperti kemampuan fitur pencarian menemukan produk relevan dan fokus, keamanan dan privasi seperti fitur protect and secure, menjaga identitas dan profil termasuk data transaksi, dan pencegahan kebocoran data. Nilai belanja online yang dirasakan diperoleh dengan memperhatikan kualitas produk yang baik seperti kondisi produk yang berkualitas, bukan produk palsu atau ilegal dan kedaluwarsa, manfaat yang belum pernah didapatkan sebelumnya seperti promosi, diskon, cashback, poin, hadiah, dan program rewards lainnya. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman