DETAIL DOCUMENT
Evaluasi Penerapan Pembelajaran Daring di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
HIDAYAT, Nurul
Subject
E75 Educational evaluation 
Datestamp
2021-04-03 13:09:19 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah penerapan pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed sudah sesuai dengan yang diharapkan mahasiswa, dimana evaluasi yang dilakukan menggunakan evaluasi model CIPP. Penelitian ini hanya menggunakan dua aspek dari empat aspek evaluasi model CIPP yaitu aspek process dan aspek product. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi program dengan metode deskriptif kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed TA 2017, 2018, dan 2019 yang berjumah 149 mahasiswa dengan sampel berjumlah 107 mahasiswa yang dihitung dengan teknik proportionate stratified random sampling. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan berupa kuisioner dan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yaitu menggunakan rata-rata (mean) dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed yang ditinjau dari aspek process secara keseluruhan diperoleh skor 78,24 atau termasuk dalam kategori baik yang artinya proses penerapan pembelajaran daring sudah sesuai dengan yang diharapkan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa lebih nyaman jika metode yang digunakan untuk penyampaian materi oleh dosen, interaksi dan diskusi selama proses pembelajaran daring, dan proses asesmen yang dilakukan menggunkan metode sinkron (synchronous) dibandingkan menggunakan metode asinkron (asynchronous), kemudian untuk tipe soal atau tugas yang diberikan sebagian besar mahasiswa lebih nyaman jika tipe soal atau tugas yang berikan berbentuk jawaban uraian. Namun demikian, masih diperlukan perbaikan untuk beberapa indikator yaitu indikator pelaksanaan pembelajaran daring yaitu terkait kondisi jaringan atau sarana prasarana yang digunakan selama pembelajaran daring, kemudian indikator aktivitas penyampaian materi yaitu terkait kualitas penyajian materi yang diberikan, dan indikator aktivitas asesmen yaitu terkait intensitas tugas-tugas yang diberikan. Sedangkan untuk aspek product secara keseluruhaan memperoleh skor 64,74 atau termasuk dalam kategori cukup. Hal ini tentunya perlu adanya perbaikan, perbaikan yang dilakukan terkait dengan aspek sebelumnya yaitu aspek process. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed secara keseluruhan sudah berjalan baik sehingga bisa dilanjutkan. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman