DETAIL DOCUMENT
Perilaku Konsumtif Fans JKT48 di Purwokerto
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
FIRMANSYAH, Rizky
Subject
C795 Consumption Economics 
Datestamp
2021-05-03 02:43:54 
Abstract :
ABSTRAK Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan perilaku konsumtif yang dilakukan oleh fans JKT48 yang berada di Purwokerto. Tujuan penelitian ini juga untuk mengetahui, mendeskripsikan, serta menjelaskan bagaimana perilaku konsumtif oleh fans JKT48 di Purwokerto. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan sasaran penelitian yaitu fans JKT48 di Purwokerto dan fans JKT48 yang tergabung dalam komunitas Fans Regional JKT48 Purwokerto. Teknik menentukan sasaran yang digunakan adalah simple random sampling. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode survey, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, kehadiran budaya populer yang kini sudah menjamur di Indonesia nyatanya telah menghasilkan gaya hidup (lifestyle) baru yang diadopsi oleh masyarakat. Budaya populer yang dibawa melalui karya seni musik ini sangat digemari oleh kalangan anak muda. Salah satunya yaitu JKT48, budaya populer yang dibawa oleh JKT48 beriringan dengan gaya hidup baru yang tercipta di kalangan fans. Gaya hidup tersebut adalah perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif fans JKT48 didasari oleh dorongan impulsive, wasteful, dan non-rational. Berdasar pada tiga faktor atau dorongan tersebut, fans JKT48 di Purwokerto sangat terindikasi melakukan wasteful buying dan non-rational buying. Serta terindikasi melakukan impulsive buying. Sangat terindikasinya fans JKT48 di Purwokerto dalam melakukan wasteful buying dan non-rational buying dikarenakan motif emosional yang timbul karena ada rasa kebanggaan tersendiri, tuntutan gengsi sebagai fans JKT48, ikut-ikutan teman satu komunitas, hingga ke motif kesenangan saja. Sedangkan terindikasi melakukan impusive buying karena status sosial dari responden yang merupakan fans JKT48 yang tinggal di Purwokerto. Kata kunci: Perilaku Konsumtif, Fans JKT48, Purwokerto 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman