DETAIL DOCUMENT
Indeks Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (Penelitian Perpanjangan SIM C di Satuan Penyelenggara Administrasi Polresta Banyumas Tahun 2020)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
SAFITRI, Nurliah Gamar
Subject
I65 Indexes 
Datestamp
2021-05-06 05:40:29 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan perpanjangan SIM C di Satuan Penyelenggara Administrasi Polresta Banyumas tahun 2020 dan kemudian menjawab hipotesis penelitian dengan Ho yaitu tidak terdapat perbedaan rata-rata atau mean di antara indikator indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perpanjangan SIM C di Satpas Polresta Banyumas tahun 2020. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu pelayanan publik, kepuasan masyarakat/pelanggan, dan indeks kepuasan masyarakat. Adapun indikator yang digunakan untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat dalam penelitian ini yaitu prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, waktu pelayanan, biaya pelayanan, kemampuan pelaksana, kedisiplinan pelaksana, perilaku pelaksana, keadilan mendapatkan pelayanan, penanganan pengaduan dan saran, serta kenyamanan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Sasaran penelitian ini adalah pemohon yang sudah pernah mendapatkan layanan perpanjangan SIM C di Satpas Polresta Banyumas tahun 2020 dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling insidental. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif terhadap hasil hitung Indeks Kepuasan Masyarakat. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Kruskal-Wallis karena data tidak memenuhi asumsi data berdistribusi normal dan homogen (sama), kemudian dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan perpanjangan SIM C di Satpas Polresta Banyumas tahun 2020 adalah sebesar 75,68. Artinya masyarakat yang telah menerima pelayanan perpanjangan SIM C di Satpas Polresta Banyumas merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan. Berdasarkan nilai indeks kepuasan masyarakat per unsur pelayanan, indikator persyaratan pelayanan mempunyai nilai mean tertinggi dan waktu pelayanan mempunyai nilai mean terendah. Berdasarkan hasil uji Kruskal-Wallis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,0001 < 0,05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan mean di antara indikator kepuasan layanan perpanjangan SIM C di Satpas Polresta Banyumas tahun 2020. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney diketahui bahwa semua indikator selain prosedur pelayanan mempunyai perbedaan rata-rata atau mean dengan indikator lainnya. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman