DETAIL DOCUMENT
Komunikasi Pemberdayaan dalam Promosi dan Pemasaran untuk Pengembangan Showroom UMKM di Kabupaten Purworejo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
AZALIA, Adelaide Nabila
Subject
M80 Marketing 
Datestamp
2021-05-18 09:00:09 
Abstract :
Penelitian ini membahas tentang komunikasi pemberdayaan yang terjadi dalam proses perumusan dan pelaksanaan program promosi dan pemasaran Showroom UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan komunikasi pemberdayaan dalam proses perumusan program promosi dan pemasaran serta menganalisis komunikasi pemberdayaan dalam pelaksanaan program promosi dan pemasaran untuk pengembangan Showroom UMKM di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan triangulasi sumber sebagai validitas data penelitian. Informan penelitian ini yaitu Kepala Seksi Kelembagaan UMKM Dinas KUKMP, Kepala Bagian Umum dan Keuangan PDAU, dan juga pelaku UMKM. Hasil penelitian diketahui bahwa dalam proses perumusan maupun pelaksanaan program promosi dan pemasaran terdapat keterlibatan aktif dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Purworejo sebagai pengelola Showroom UMKM dan juga pelaku UMKM yang sudah tergabung dengan Showroom UMKM. Komunikasi pemberdayaan yang dilaksanakan yaitu dengan mengadakan penyuluhan, pelatihan, pendampingan, dan kemitraan untuk membantu kegiatan promosi dan pemasaran Showroom UMKM yang belum begitu maksimal akibat kurangnya sumber daya manusia, lokasi yang kurang strategis, serta keterbatasan penyelenggaraan acara di masa pandemi COVID-19 ini. Sementara itu, dalam kegiatan Showroom UMKM belum menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan dan memasarkan produknya. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman