DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kampanye Lingkungan Terhadap Kesadaran Mengurangi Penggunaan Plastik pada Followers Instagram
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
ANGGRAENI, Gabriel Chintya
Subject
C33 Campaigns 
Datestamp
2021-05-20 07:24:31 
Abstract :
Limbah plastik merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang terjadi di Indonesia. Hal tersebut diperkuat dengan adanya data dari Jenna Jamback pada tahun 2015 yang menempatkan Indonesia pada posisi ke-2 dengan jumlah limbah plastik sebanyak 187,2 juta ton. Permasalahan limbah plastik tersebut membuat restoran Kentucky Fried Chicken (KFC) Indonesia mengadakan kampanye untuk mengurangi sampah plastik yaitu kampanye No Straw Movement dan Gerakan Tanpa Kantong Plastik. Kampanye No Straw Movement dan Gerakan Tanpa Kantong Plastik adalah kampanye untuk mengurangi penggunaan plastik yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh kampanye lingkungan yang dilakukan oleh KFC Indonesia terhadap kesadaran mengurangi plastik pada followers instagram @KFCIndonesia yang berada di Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif dengan menyebarkan kuesioner pada responden yang menjadi followers instagram KFC Indonesia dan berada di Banyumas. Teknik analisis uji pengaruh variabel kampanye lingkungan terhadap variabel kesadaran mengurangi penggunaan plastik pada followers instagram @KFCIndonesia menggunakan uji regresi linear sederhana dan koefisien determinasi. Teknik pemrosesan data menggunakaan SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukan Ha diterima dan Ho ditolak artinya adanya pengaruh kampanye lingkungan terhadap kesadaran mengurangi penggunaan plastik pada followers instagram sebesar 35,3%, sedangkan sisanya 64,7% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian. Artinya adalah adanya kesadaran untuk mengurangi penggunaan plastik pada followers instagram @KFCIndonesia yang dipengaruhi oleh kampanye lingkungan adalah sebanyak 35,3% yang tergolong cukup baik bagi penelitian yang menggunakan data survey. Indikator dalam variabel kampanye lingkungan yang memiliki pengaruh paling kuat terhadap kesadaran mengurangi penggunaan plastik adalah konten, kejelasan, konteks, kredibilitas, daya tarik, dan saluran. Kata kunci : Kampanye Lingkungan, Limbah Plastik, Followers Instagram 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman