DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Ewom dengan Komitmen Afektif, Komitmen Pengorbanan Tinggi sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengguna Ecommerce)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
PURBA, Andika Robintang
Subject
J56 Job satisfaction 
Datestamp
2021-05-24 03:22:32 
Abstract :
Penelitian tentang kepuasan konsumen pada perilaku ewom telah banyak dilakukan, namun penelitian sebelumnya menunjukan hasil yang inkonsisten, beberapa penelitian menyatakan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh pada perilaku ewom tetapi pada penelitian lainnya menyatakan bahwa kepuasan konsumen tidak berpengaruh pada perilaku ewom, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menjelaskan perbedaan hasil penelitian dengan menempatkan komitmen afektif dan komitmen pengorbanan tinggi sebagai variabel mediasi antara kepuasan konsumen pada perilaku ewom. Berdasarkan pengendalian variabelnya penelitian ini merupakan pengendalian survei, Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna ecommerce yang ada diindonesia. Jumlah total responden pada penelitian ini adalah 207 orang.Alat analisis pada penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa : (1) Kepuasan konsumen berpengaruh positif pada perilaku ewom. Selain itu Komitmen afektif memediasai antara kepuasan konsumen pada perilaku ewom. Implikasi penelitian ini mengacu pada teori-teori konfirmasi harapan untuk membantu mengidentifikasi dasar valensi pada perilaku ewom. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa komitmen afektif mempunyai peran penting dalam membangun perilaku ewom. Konsumen yang mengalami kepuasan akan meningkatkan rasa suka atau cinta pada platform ecommerce tersebut sebagai bentuk ikatan dan akibat dari hubungan tersebut maka konsumen akan termotivasi untuk membagikan pengalaman positifnya. Kata kunci: Kepuasan Pelanggan, komitmen afektif, ewom 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman