DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Paramedis terhadap Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Kesehatan Pengguna BPJS di Rumah Sakit Dadi Keluarga Purwokerto
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
AJI, Hardin Dwi
Subject
C1020 Customer services 
Datestamp
2021-06-07 04:05:29 
Abstract :
Kesehatan adalah kunci utama kita dalam menjalani kehidupan. Sebab sehat kita bisa melaksanakan semua aktivitas kita setiap hari. Tetapi untuk sehat tidak mudah, kita harus menjaga pola hidup yang sehat agar kita merasakan jiwa yang sehat. Beberapa kendala dalam penolakan pelayanan yang kerap membuat peserta BPJS Kesehatan harus tertunda mendapatkan pelayanan kesehataan hal tersebutlah yang mempengaruhi kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kualitas Pelayanan dan Kinerja Paramedis berpengaruh secara bersama-sama terhadap Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan Pengguna BPJS di Rumah Sakit Dadi Keluarga Purwokerto Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan variabel dependen X1 Kualitas Pelayanan, X2 Kinerja Paramedis, serta variabel independen yaitu Y Kepuasan Pasien. Teknik sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan lokasi terpilih adalah Rumah Sakit Dadi Keluarga Purwokerto. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi kendall tau, koefisien konkordansi kendall w, dan regresi ordinal. Hasil dari analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan dan Kinerja Paramedis Terhadap Dalam Pelayanan Kesehatan Pengguna BPJS di Rumah Sakit Dadi Keluarga Purwokerto berdasarkan hasil perhitungan regresi ordinal yang hasilnya positif, dengan nilai koefisien antar variabel sebesar 0,607 atau pengaruh yang diberikan oleh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien sebesar 60,7 persen, hasil perhitungan regresi ordinal yang hasilnya positif, dengan nilai koefisien antar variabel sebesar 0,523 atau pengaruh yang diberikan oleh Kinerja Paramedis terhadap Kepuasan Pasien sebesar 52,3 persen, hasil perhitungan regresi ordinal yang hasilnya positif, dengan nilai koefisien antar variabel sebesar 0,668 atau pengaruh yang diberikan oleh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Paramedis terhadap Kepuasan Pasien sebesar 66,8 persen. Dengan demikian menyatakan bahwa Kualitas Pelayanan dan Kinerja Paramedis mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Dadi Keluarga Purwokerto. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman