DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 18 PALEMBANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
R.A AGUSTINI R.A AGUSTINI (STUDENT ID : 06031281419073)
Dewi Koryati (LECTURER ID : 0022086402)
Siti Fatimah (LECTURER ID : 0020066902)
Subject
LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations 
Datestamp
2019-07-27 18:08:31 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh strategi pembelajaran guided note taking terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 18 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang menggunakan desain pre-experimental design, dengan bentuk one grup pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS di SMA Negeri 18 Palembang. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan Purposive Sampling, dan sampel yang terpilih adalah X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t-test sampel related dan diperoleh thitung = 36,69 ≥ ttabel = 1,669 maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh strategi pembelajaran guided note taking terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 18 Palembang. interpretasi hasil belajar sangat kuat diperoleh dari hasil rxy=0,902. Besarnya kontribusi variabel x terhadap y sebesar 82,20%. Disarankan dalam menerapkan strategi Guided Note Taking harus dapat mengkondiskan kelas agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif 
Institution Info

Universitas Sriwijaya