Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
SANTI MAYASARI (STUDENT ID : 06121409001)
Adeng Slamet (LECTURER ID : 11066004)
Rahmi Susanti (LECTURER ID : 0012026701)
Subject
L7-991 Education (General)
Datestamp
2019-10-16 09:02:19
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif pada materi Sistem Ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Palembang pada tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik penentuan sampel penelitian menggunakan Simple Random Sampling dan terpilih 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok eksperimen yang masing masing terdiri dari 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes tertulis, lembar observasi dan lembar angket. Analisis data hasil penelitian menggunakan program Statistical Program Social Science 23 (SPSS 23). Nilai rata-rata tes awal adalah 9,93 dan tes akhir 78,98 dengan nilai rata-rata gain sebesar 69,06. Hasil uji-t menggunakan independent-sample T test pada program SPSS 23 didapat bahwa nilai signifikansinya ialah 0,000 yang artinya nilai signifikansi <0,05 dengan taraf 5% (? = 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa model Reciprocal Teaching berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA SMA Negeri 12 Palembang.
Kata Kunci : Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, Materi Sistem Ekskresi.