DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEMILAHAN KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SISTEM REM DI SMK PGRI TANJUNG RAJA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
SANTO MATHEUS HUTABARAT (STUDENT ID : 06121012005)
Harlin Harlin (LECTURER ID : 0001086401)
Imam Syofii (LECTURER ID : 0003058303)
Subject
LC1041-1048 Vocational education (General) 
Datestamp
2019-10-22 06:34:04 
Abstract :
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ?Apakah ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran pemilahan kartu terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Sistem Rem?? Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design. Populasi adalah semua peserta didik kelas XI TKR yang terdiri dari tiga kelas dengan 70 peserta didik. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapat dua kelas yang akan diteliti, kelas XI TKR-2 sebanyak 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR-1 sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan tes. Statistik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu menggunakan uji-t dengan taraf signifikan (?=0,05). Berdasarkan analisis data tes yang dilakukan, hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung = 3,19 sedangkan ttabel = 2,017. Berdasarkan analisis tersebut, maka Ha diterima dan Ho ditolak yaitu ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran aktif pemilahan kartu terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sistem rem di SMK PGRI Tanjung Raja. Sebelum pemberian treatment, nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 66,6, sedangkan setelah pemberian treatment, nilai rata-ratanya menjadi 80,9. Pada kelas kontrol, rata-rata nilai pretest adalah 70,22, sedangkan setelah posttest, nilai rata-ratanya menjadi 79,82. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran pemilahan kartu dapat meningkatkan nilai/hasil belajar peserta didik. 
Institution Info

Universitas Sriwijaya