Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi story maps terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA PGRI Betung Kab. Banyuasin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 berjumlah 42 orang sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan strategi story maps dan kelas XI IPA 2 yang berjumlah 41 orang sebagai kelas kontrol dengan perlakuan strategi konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, sedangkan teknik pengolahan data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 56,84 meningkat menjadi 84,75 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 27,91%. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 59,92 meningkat menjadi 80,88 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 21,36%. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 3,795 > 2 dengan df= 55 pada tingkat signifikansi 95% (a=0,05). Dengan demikian Ha yang berbunyi "Ada perbedaan kemampuan menulis cerpen pada siswa yang diajarkan dengan strategi story maps dan siswa yang diajarkan dengan strategi konvensional" diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa strategi story maps lebih berpengaruh daripada menggunakan strategi konvensional terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA PGRI Betung Kab. Banyuasin.