DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENTS HAVE (PERTANYAAN MILIK SISWA) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
AMELIA TRIA MONICA (STUDENT ID : 06091004022)
Dedi Irwanto (LECTURER ID : 0025057304)
Syarifudin, Syarifudin
Subject
LA5-2396 History of education 
Datestamp
2019-11-27 04:58:30 
Abstract :
Skripsi ini berjudul ?Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Students Have(Pertanyaan Milik Siswa) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Indralaya Selatan?. Pada penelitian ini permasalahan yang akan dikaji adalah: (1) adakah pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Question Students Have(Pertanyaan Milik Siswa) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Indralaya Selatan? (2) adakah perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan siswa perempuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Indralaya Selatan? dan (3) adakah interaksi strategi pembelajaran aktif tipe Question Students Have(Pertanyaan Milik Siswa) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan siswa perempuan pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Indralaya Selatan? Penelitian ini merupakan eksperimen dengan sampel penelitian adalah kelas XI.IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Anava Dua Jalur. Berdasarkan penelitian ini, nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa hasil observasi di kelas eksperimen sebesar 76,10% yang dikategorikan tinggi. Sedangkan untuk nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa hasil observasi di kelas kontrol sebesar 54,5% yang dikategorikan cukup. Kemudian untuk nilai ratarata keterampilan berpikir kritis siswa hasil tes di kelas eksperimen sebesar 73,24, sedangkan nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa hasil tes di kelas kontrol sebesar 66,62. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Question Students Have(Pertanyaan Milik Siswa) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. 
Institution Info

Universitas Sriwijaya