DETAIL DOCUMENT
HISTOLOGI BEBERAPA BENTUK BATANG MONOKOTIL DAN SUMBANGANNYA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
RAHMAWATI RAHMAWATI (STUDENT ID : 06091181621006)
Ermayanti Ermayanti (LECTURER ID : 0003087601)
Djunaidah Zen (LECTURER ID : 0028125502)
Subject
L7-991 Education (General) 
Datestamp
2020-08-06 02:06:15 
Abstract :
Penelitian bertujuan untuk mengetahui struktur histologi tumbuhan pada beberapa bentuk batang monokotil yaitu bulat buluh, bulat pepat dan segitiga. Penelitian dilakukan di Laboratorium Pendidikan Biologi Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif serta statistik deskriptif. Tumbuhan yang digunakan termasuk ke dalam suku Poaceae berupa Imperata cylindrica, Cynodon dactylon Axonopus compressus, Eleusine indica, dan suku Cyperaceae berupa Cyperus rotundus and Cyperus kyllingia. Pengamatan dilakukan dengan menggunakan mikroskop binokuler dengan perbesaran 40 dan 400 kali. Parameter yang diamati meliputi struktur anatomi, variasi ukuran sel dan variasi jumlah lapisan jaringan dari sel epidermis, parenkim serta berkas pembuluh pada penampang melintang batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua bentuk batang (Bulat Buluh, Bulat Pepat dan Segitiga) terdiri dari berbagai jenis jaringan yang sama yaitu: epidermis, parenkim, kolenkim, sklerenkim dan tipe berkas pembuluh. Bentuk dari sel epidermis, parenkim, kolenkim dan sklerenkim adalah polyhedral tidak beraturan, sedangkan berkas pembuluhnya bertipe kolateral tertutup, yakni diantara xilem dan floemnya tidak berkambium. Namun, susunan pada ketiga bentuk batang tersebut berbeda. Hal ini disebabkan karena bentuk morfologi tumbuhan akan mempengaruhi susunan struktur anatomi pada tumbuhan. Perbedaan bentuk batang pada tumbuhan disebabkan karena adanya faktor internal (genetik). Selain itu, perbedaan terjadi pada panjang sel dan jumlah lapisan jaringan. Hal ini disebabkan karena adanya faktor eksternal (lingkungan, udara, cahaya matahari, air) yang menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan setiap tumbuhan berbeda. Penelitian ini digunakan sebagai bahan pengayaan belajar pada KD 3.3 dan 4.3 dalam bentuk booklet. 
Institution Info

Universitas Sriwijaya