DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI MODEL PAIRED STORY TELLING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 238 PALEMBANG
Total View This Week42
Institusion
Universitas Sriwijaya
Author


Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2019-07-26 16:17:25 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD Negeri 238 Palembang melalui penerapan media audiovisual dengan model paired story telling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Penelitian tindakan kelas ini mempunyai 4 tahapan yang harus dipenuhi yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A SD Negeri 238 Palembang dengan jumlah 34 siswa yang terdiri atas 18 laki-laki dan 16 perempuan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keterampilan menyimak siswa mengalami peningkatan, hal ini terlihat pada ketuntasan belajar siswa di siklus I sebesar 64,70% dengan nilai rata-rata 68, pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat hingga mencapai 85,29% dengan nilai rata-rata 86,55. Hal ini didukung dari hasil observasi, keaktifan siswa yang mengalami peningkatan, pada siklus I presentase keaktifan siswa dalam belajar mencapai 70,58% dengan kategori aktif, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,35% dengan kategori sangat aktif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Paired Story Telling dengan media audisovisual dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita dan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 238 Palembang 
Institution Info

Universitas Sriwijaya