Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
LULUK SONIA (STUDENT ID : 06091381621056)
Mgs. Muhammad Tibrani (LECTURER ID : 0012027901)
Lucia Maria Santoso (LECTURER ID : 0005016104)
Subject
L7-991 Education (General)
Datestamp
2021-01-21 06:31:34
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi Reading, Questioning and Answering dalam pembelajaran virtual terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Prabumulih pada materi sistem pencernaan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas PBLRQA, XI IPA 2 sebagai kelas PBL, XI IPA 3 sebagai kelas RQA, dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk hasil belajar kognitif berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dan instrumen sikap ilmiah angket berskala likert sebanyak 20 item. Kedua instrumen dilakukan uji validasi dan dinyatakan valid dan reliabel. Data hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah diuji dengan ANCOVA melalui sofware SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBLRQA dalam pembelajaran virtual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif (sig. 0,000) dan sikap ilmiah (sig. 0,000). Rata-rata hasil belajar kognitif kelas PBLRQA (81,09) PBL (74,51) RQA (71,21) dan kontrol (66,89). Hasil sikap ilmiah kelas PBLRQA kategori sangat baik (59,38) PBL kategori sangat baik (51,61) RQA kategori baik (69,70) Kontrol kategori baik (72,41).
Kata Kunci : PBLRQA, Hasil Belajar Kognitif, Sikap Ilmiah.