DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN DESAIN FILA CHART DALAM PEMBELAJARAN VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
KURNIA UTAMI (STUDENT ID : 06091181621008)
Mgs Muhammad Tibrani (LECTURER ID : 0012027901)
Kodri Madang (LECTURER ID : 0008016901)
Subject
L7-991 Education (General) 
Datestamp
2021-01-21 03:03:49 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan desain FILA chart dalam pembelajaran virtual terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMA pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga terpilih kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol, XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen, dan XI IPA 8 sebagai kelas plasebo dengan jumlah 36 peserta didik disetiap kelas. Penelitian dilakukan melalui pembelajaran virtual. Keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif diukur melalui tes awal dan tes akhir dengan intrumen 6 soal uraian yang telah teruji validitas dan reliabilitanya. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 25, uji hipotesis menggunakan uji ANCOVA. Hasil analisis uji ANCOVA menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan desain FILA chart berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik di SMA Negeri 1 Palembang. Selanjutnya, model Problem Based Learning (PBL) dengan desain FILA chart lebih baik dari pada model pembelajaran langsung dengan desain FILA chart dan kelas tradisional dalam meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik. 
Institution Info

Universitas Sriwijaya