DETAIL DOCUMENT
ANALISA POLA PERJALANAN ORANG DI KOTA PALEMBANG TAHUN 2009
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
ANDRIANI, AGUSPITHA
Arliansyah, Joni
Subject
TE279 Streets 
Datestamp
2023-04-28 03:33:05 
Abstract :
Perjalanan atau pergerakan yang umumnya terjadi di kota Palembang adalah perjalanan dengan tujuan bekerja dan pendidikan, dimana maksud perjalanan bekerja merupakan yang paling banyak dilakukan. Dari setiap perjalanan yang dilakukan akan terbentuk suatu pola dan karakteristik perjalanan berdasarkan data asal-tujuan perjalanan tersebut. Perubahan karakteristik perjalanan akan diperoleh berdasarkan hasil perbandingan data sekunder tahun 2006 dan data primer tahun 2009 yang meliputi data sosial keluarga dan data perjalanan/transportasi berdasarkan survei wawancara rumah tangga atau kuesioner. Sedangkan pola perjalanan setiap hari disuatu kota yang akan terbentuk merupakan gabungan dari pola perjalanan bekerja, pendidikan, belanja dan kegiatan sekolah. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa dalam kurun waktu tiga tahun terakhir (2006-2009) terjadi perubahan karakteristik pola perjalanan orang di kota Palembang. Perubahan karakteristik pola perjalanan tersebut disebabkan karena berubahnya data sosial keluarga dan data transportasi di kota Palembang. Untuk keadaan data sosial keluarga, perubahan yang terjadi berupa peningkatan dan penurunan persentase total pendapatan rumah tangga serta terjadinya penurunan jumlah rata-rata orang dalam keluarga sebesar 0,08. untuk kategori usia anggota rumah tangga terjadi penurunan komposisi umur produktif (18 s/d 60 tahun) sebesar 1,42%. sedangkan hasil analisis data perjalanan/transportasi di kota Palembang tahun 2006 dan 2009 menunjukkan persentase jam berangkat dari rumah yang tidak banyak berubah, dimana perjalanan dilakukan masih dalam interval waktu 07:00-09:00, berbeda halnya dengan puncak jam kepulangan, ditahun 2009 terjadi pada 11:00-17:00 sedangkan di tahun 2006 terjadi pada 11:00-19:00. Tujuan perjalanan pada tahun 2009 di kota Palembang lebih didominasi oleh perjalanan bekerja, pemilihan moda yang digunakan dalam perjalanan masih didominasi oleh kendaraan jeni$ sepeda motor yang yang kepemilikannya meningkat cukup tinggi sebesar 13,98% dengan rata-rata lamanya waktu tempuh melakukan perjalanan dibawah 10 menit. Analisa terhadap pola perjalanan menunjukkan bahwa Perjalanan yang berasal dari zona asal-tujuan yang sama lebih mendominasi (dalam 1 kecamatan). Ini menunjukkan bahwa perjalanan yang dilakukan sebagian besar masyarakat kota Palembang masih dalam jarak relatif dekat atau masih dalam satu koridor wilayah itu sendiri dengan Wilayah asal-tujuan perjalanan tertinggi adalah Ilir Timur 2. 
Institution Info

Universitas Sriwijaya