DETAIL DOCUMENT
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEBIJAKAN KARTU IDENTITAS ANAK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN OGAN ILIR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
REZANOFRIYANI REZANOFRIYANI (STUDENT ID : 07011181520046)
Ardiyan Saptawan (LECTURER ID : 0017116502)
Tuty Khairunnisyah (LECTURER ID : 0005016204)
Subject
HV7935-8025 Administration and organization 
Datestamp
2019-10-03 06:55:20 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan pemerintah dalam melindungi dan mensejahterakan masyarakat serta memantau penduduk. Kebijakan kartu identitas anak merupakan kebijakan yang diterbitkan sebagai bentuk kewajiban pemerintah untuk memberikan identitas kependudukan kepada seluruh penduduknya yang berlaku secara nasional dalam rangka mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik, maka perlu dilakukan pemberian identitas kependudukan khususnya kepada anak. Kebijakan kartu identitas anak ini ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja implementasi kebijakan kartu identitas anak yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Unit analisis yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Ilir. Data diperoleh dari data primer yaitu wawancara kepada keys imformant dan data sekunder melalui dokumentasi atau peraturan yang terkait dengan kebijakan kartu identitas anak. Penelitian ini menggunakan teori Van Meter dan van Horn. Berdasarkan hasil analisis dan penelitian dilapangan dapat disimpulkan bahwa kinerja implementasi kebijakan kartu identitas anak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Ilir belum tercapainya kinerja implementasi. Hal ini disebabkan kurangnya sumber daya yang menunjang pelaksanaan kebijakan, baik sumber daya manusia maupun sumber daya dana, serta kurangnya kejelasan cara komunikasi antar instansi terkait. Dengan melihat hasil yang di dapat maka saran yang dapat penulis berikan untuk pelaksanaan kebijakan yaitu dari sumber-sumber kebijakan perlu adanya penambahan jumlah sumber daya manusia dalam hal ini pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, perlu adanya penambahan jumlah anggaran dari jumlah sebelumnya, serta perlu adanya komunikasi dan koordinasi yang jelas antar instansi terkait agar terciptanya pola hubungan yang terarah. Kata Kunci: Kinerja, Implementasi Kebijakan, Kebijakan Kartu Identitas Anak 
Institution Info

Universitas Sriwijaya