DETAIL DOCUMENT
KOMPARASI PERSEPSI PASIEN RAWAT INAP TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN SEBELUM DAN SETELAH AKREDITASI DI RUMAH SAKIT “ X “ KABUPATEN LAHAT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
ANGRIANI, OKFI
Budi, Iwan Stia
Subject
KB3075-3096.5 Public health 
Datestamp
2023-05-26 02:38:26 
Abstract :
Mutu pelayanan kesehatan rumah sakit merupakan salah satu indikator kepuasan pasien. Kurangnya tingkat kepuasan dapat menghilangkan kepercayaan pelanggan terhadap Rumah Sakit. Di beberapa daerah di Indonesia masih menunjukkan tingkat kepuasan pasien yang rendah.Sejalan dengan masalah tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit ?X? Kabupaten Lahat sebelum akreditasi dan setelah akreditasi. Desain penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian ini ialah pasien rawat inap Rumah Sakit ?X? Kabupaten Lahat yang mengikuti survey akreditasi 2018 dan 2019 sebanyak 300 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proposional Random Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan persepsi pasien setelah akreditasi dan sebelum akreditasi pada dimensi reliability (p-value = 0,010), dimensi assurance (p-value = 0,021), dimensi emphaty (p-value = 0,002), dimensi responsivenness (p-value = 0,008) dan terdapat perbedaan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan setelah akreditasi dan sebelum akreditasi (p-value = 0,005). Kesimpulan terdapat perbedaan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan di ruang rawat inap rumah sakit sebelum dan setelah akreditasi, yang mana sebelum akreditasi lebih baik. Diharapkan petugas di Rumah Sakit ?X? Kabupaten Lahat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sesuai standar akreditasi kepada konsumen untuk kualitas kepuasan pasien sehingga tidak terjadi penurunan status akreditasi. Kata Kunci : Persepsi Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan. 
Institution Info

Universitas Sriwijaya