Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
ANGRIANI, OKFI
Budi, Iwan Stia
Subject
KB3075-3096.5 Public health
Datestamp
2023-05-26 02:38:26
Abstract :
Mutu pelayanan kesehatan rumah sakit merupakan salah satu indikator kepuasan
pasien. Kurangnya tingkat kepuasan dapat menghilangkan kepercayaan pelanggan
terhadap Rumah Sakit. Di beberapa daerah di Indonesia masih menunjukkan
tingkat kepuasan pasien yang rendah.Sejalan dengan masalah tersebut maka
penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi
pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit ?X?
Kabupaten Lahat sebelum akreditasi dan setelah akreditasi. Desain penelitian
menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Populasi
penelitian ini ialah pasien rawat inap Rumah Sakit ?X? Kabupaten Lahat yang
mengikuti survey akreditasi 2018 dan 2019 sebanyak 300 responden. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Proposional Random Sampling. Hasil
penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan persepsi pasien setelah akreditasi
dan sebelum akreditasi pada dimensi reliability (p-value = 0,010), dimensi
assurance (p-value = 0,021), dimensi emphaty (p-value = 0,002), dimensi
responsivenness (p-value = 0,008) dan terdapat perbedaan persepsi pasien
terhadap mutu pelayanan setelah akreditasi dan sebelum akreditasi (p-value =
0,005). Kesimpulan terdapat perbedaan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan
di ruang rawat inap rumah sakit sebelum dan setelah akreditasi, yang mana
sebelum akreditasi lebih baik. Diharapkan petugas di Rumah Sakit ?X? Kabupaten
Lahat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sesuai standar akreditasi kepada
konsumen untuk kualitas kepuasan pasien sehingga tidak terjadi penurunan status
akreditasi.
Kata Kunci : Persepsi Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan.