DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESALAHAN SISWA TENTANG PEMAHAMAN MAKNA DAN PENGGUNAAN SIMBOL PADA MATERI HIMPUNAN DI SMP NEGERI 4 PALU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Tadulako
Author
VENIA TANDIRAU,
Subject
Mathematics Education 
Datestamp
2019-08-30 06:35:52 
Abstract :
Venia Tandirau 2019. Analisis Kesalahan Konsep Siswa Kelas VII Gatot Subroto pada Materi Himpunan di SMP Negeri 4 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Penddidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Usman H.B, Pembimbing (II) I Nyoman Murdiana. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memahami lebih dalam bentuk-bentuk kesalahan pemahaman makna dan penggunaan simbol yang terkait dengan konsep himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik snowball sampling, dengan karakteristik utama adalah siswa yang menjawab salah pada tiap item soal. Terdapat 2 kategori dalam penelitian ini yaitu ?salah memahami makna simbol? dan ?salah menggunakan simbol?. Dalam hal ini ada bentuk-bentuk kesalahan siswa yang terkait dengan 2 kategori tersebut yaitu, (1) pada soal nomor 1b, subjek salah dalam memilih tanda kurung untuk menyatakan himpunan dimana subjek menggunakan kurung biasa, (2) pada soal nomor 1c, subjek salah dalam memilih anggota-anggota yang menyatakan himpunan, (3) pada soal nomor 2a, subjek berpendapat bahwa simbol ? ? merupakan simbol yang benar untuk memaknai anggota dari suatu himpunan, (4) pada soal nomor 2e, subjek berpendapat bahwa simbol ? ? merupakan simbol yang benar untuk memaknai anggota dari suatu himpunan, (5) pada soal nomor 3a, subjek salah dalam membaca notasi pembentuk himpunan, subjek selalu membaca ?kurung kurawal?, (6) pada soal nomor 3b, subjek salah dalam membaca notasi pembentuk himpunan, subjek selalu membaca ?kurung kurawal?, (7) pada soal nomor 3c, subjek salah dalam membaca notasi pembentuk himpunan, subjek selalu membaca ?kurung kurawal?, (8) pada soal nomor 4a, subjek salah dalam menuliskan kurung kurawal dan salah dalam mendaftar anggota-anggota himpunan yang diminta. (9) pada soal nomor 4c, subjek salah dalam menuliskan kurung kurawal dan salah dalam mendaftar anggota-anggota himpunan yang diminta. Kesimpulannya adalah subjek melakukan 5 bentuk kesalahan yaitu, kesalahan sumber eksternal, kesalahan menggunakan simbol , kesalahan menggunakan simbol , kesalahan siswa dalam membaca suatu himpunan, dan kesalahan siswa menggunakan simbol (kurung kurawal). Kata kunci: kesalahan siswa tentang pemahaman makna dan penggunaan simbol, konsep himpunan. 

Institution Info

Universitas Tadulako