Abstract :
Anisah Julianada (2019). “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Sebelas SMA Al-Azhar Mandiri Palu melalui Strategi Peer Tutoring.†Skripsi. Program Studi Bahasa Inggris. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan Sudarkam R. Mertosono dan Wahyudin.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa Strategi Peer Tutoring dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas sebelas SMA Al-Azhar Mandiri Palu. Penelitian ini menerapkan desain penelitian kuasi-eksperimental dengan 62 siswa sebagai sampel. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data adalah tes (pra-tes dan pasca-tes) dan perekam suara. Data yang dikumpulkan dianalisis secara statistik. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-tes dan post-tes. Itu terbukti dengan melihat skor rata-rata hasil tes di mana skor rata-rata dari kelas eksperimen secara signifikan meningkat dari 47,5 menjadi 85. Sementara itu, skor rata-rata kelas kontrol ditingkatkan dari 52,7 menjadi 73,83. Kemudian, peneliti menghitung t-hitung untuk menemukan perbedaan yang signifikan dalam kemampuan siswa. Dengan menerapkan tingkat signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 60 (db), peneliti menemukan bahwa nilai t-hitung (4,56) lebih tinggi dibandingkan t-tabel (1,671). Dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, penerapan Strategi Peer Tutoring dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas sebelas SMA Al-Azhar Mandiri Palu.
Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Strategi Peer Tutoring.