Abstract :
Ni Putu Purnamiasih, 2019. Pengaruh Diskusi Kelompok Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Siswa Kelas X-1 Sma Negeri Model Terpadu Madani. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ridwan Syahran.
Kata Kunci : Diskusi Kelompok, Interaksi Sosial
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh diskusi kelompok terhadap peningkatan interaksi sosial siswa kelas X-1 SMA Negeri Model Terpadu Madani. Tujuan penelitian ini adalah mengindentifikasi interaksi sosial siswakelas X-1 SMA Negeri Model Terpadu Madanisebelum dan sesudah mengikuti diskusi kelompok, serta menjelaskan pengaruh diskusi kelompok terhadap peningkatan interaksi sosial siswa kelas X-1 SMA Negeri Model Terpadu Madani. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang. Intrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa sebelum mengikuti diskusi kelompok terdapat 62,5% siswa yang memiliki interaksi sosial yang rendah dan 37,5% siswa yang memiliki interaksi sosial yang sangat rendah. Sesudah mengikuti diskusi kelompok, terjadi peningkatan dalam interaksi sosial, antara lain: 12,5% siswa yang memiliki interaksi sosial yang sangat tinggi, 50% siswa yang memiliki interaksi sosial yang tinggi, 25% siswa yang memiliki interaksi sosial yang redah, atau 12.5% siswa yang memiliki interaksi sosial yang sangat rendah. Hal ini membuktikan bahwa Diskusi Kelompok berpengaruh terhadap peningkatan interaksi sosialsiswa kelas X-1 SMA Negeri Model Terpadu Madani.Ada pengaruh terhadap peningkatan interaksi sosial siswa kelas X-1 SMA Negeri Model Terpadu Madani setelah mengikuti diskusi kelompok.