Abstract :
Latar belakang penelitian adalah pesan edukasi yang diperlihatkan oleh
seorang anak penyandang disabilitas pada animasi yang berjudul Nussa Rarra.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pesan edukasi yang diperlihatkan seorang
penyandang disabilitas pada animasi Nussa dan Rarra. Penelitian menggunakan
metode analisis semiotika Roland Barthes yakni makna denotasi, konotasi dan
mitos.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan unit
analisis ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Adapun unit
analisisnya ialah adegan-adegan dari serial animasi Nussa Rarra yang telah dipilih
oleh penulis berdasarkan adegan yang memperlihatkan pesan edukasi yang
berfokus pada dialog dan adegan dari animasi Nussa dan Rarra. Serta untuk
pengambilan unit analisis pada animasi Nussa Rarra berjumlah enam episode
yang didalamnya menggambarkan atau memperlihatkan pesan edukasi yang
diperlihatkan oleh seorang penyandang disabilitas.
Berdasarkan hasil unit analisis dapat disimpulkan bahwa enam episode
animasi Nussa Rarra mengandung pesan edukasi, dan implementasinya ada pada
hasil jadinya yaitu pada serial animasi itu sendiri, melalui adegan dan dialog yang
ada pada animasi tersebut. Representasi pesan edukasi yang diperlihatkan oleh
seorang penyandang disabilitas pada serial animasi tersebut yaitu tolong
menolong, ikhlas, menjaga kebersihan, pantang menyerah dan berolahraga. Nilai
edukasi yang ditampilkan mengajarkan siapapun terutama anak-anak senantiasa
mengamalkan kebaikan yang dapat dilakukan dimana saja, dalam keadaan apa
saja dan dengan siapa saja. Selain itu memberikan pembelajaran mengenai
disabilitas bahwa keterbatasan tidak menghalangi seseorang untuk meraih mimpi.
Kata Kunci : Animasi, Pesan Edukasi, Roland Barthes