Abstract :
ABSTRAK
Wahyudin, (2022) A31117037 yang berjudul Peran Guru Dalam
Penerapan Discovery Learning Untuk Menghasilkan Pembelajaran Yang Aktif
Pada Mata Pelajaran IPS DI SMP Negeri 1 Tomini. Skripsi. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Lukman,
M.Hum.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Penerapan model
discovery learning untuk menghasilkan pembelajaran yang aktif pada Siswa Kelas
IX mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tomini. 2) Untuk mendeskripsikan faktor
pendukung dan penghambat penerapan discovery learning pada mata pelajaran
IPS di Kelas IX di SMP Negeri 1 Tomini, 3) Strategi Guru untuk meningkatkan
keaktifan Siswa melalui model discovery learning. Subjek dalam penelitian ini
adalah Guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tomini. Jenis penelitian ini
yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan model
discovery learning berjalan dengan baik. Dibuktikan dengan terlaksananya
tahapan-tahapan pembelajaran discovery learning oleh Guru mata pelajaran IPS di
Kelas yang terdiri dari kegiatan stimulation, problem statement, pengumpulan
data, pengolahan data, dan verification, generalization. 2) Faktor pendukung dan
penghambat penerapan discovery learning bagi Guru dengan berbagai macam
latar belakang Siswa serta fasilitas belajar Siswa di Rumah masih kurang, Sekolah
mengadakan sarana dan prasaran yang baik bertujuan menunjang pembelajaran
berjalan dengan aktif. 3) Strategi yang dilakukan Guru untuk menghasilkan
pembelajaran yang aktif menggunakan discovery learning dilakukan dengan
memberikan tugas kepada Siswa agar aktif menulis, membaca buku serta Guru
memberikan motivasi Siswa agar aktif di dalam Kelas meperhatikan, bertanya dan
memberi tanggapan
Kata kunci : Discovery Learning, Keaktifan siswa, IPS