Abstract :
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANK MUAMALAT INDONESIA DI KOTA PALU
Mesra¹; Haerul Anam²; Ahmad Syatir³
Jurusan Ilmu Ekomoni dan Studi Pembangunan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tadulako
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap Bank Muamalat Indonesia di Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Kuesioner dan Dokumentasi. Metode Analisis data statistik deskriptif yang digunakan tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menujukkan bahwa. (1) Masyarakat di Kota Palu memiliki respon cukup baik terhadap aspek pengetahuan produk tabungan di Bank Muamalat (2) Kehadiran Bank Muamalat membawa pengaruh bagi masyarakat terutama yang beragama Islam karena masyarakat memilih menabung di bank muamalat karena ingin taat agama dan salah satu tujuannya adalah untuk menghindari praktek riba.
Kata Kunci: Persepsi, Bank Muamalat