Abstract :
ABSTRAK
Ulfa Damayanti (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa
SDN 6 Balaesang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako, Pembimbing: Muhammad Aqil.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan
hasil belajar siswa SDN 6 Balaesang. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Variable dalam
penelitian ini yaitu motivasi belajar sebagai variable bebas sedangkan variable
terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data; observasi, angket dan
dokumentasi. Berdasakan hasil perhitungan analisis deskriptif motivasi belajar
siswa kelas IV SDN 6 Balaesang, terdapat 8 orang siswa atau 80% memiliki
motivasi belajar rendah, 2 orang siswa atau 20 %. Hal ini menunjukkan bahwa
motivasi belajar siswa berhubungan dengan hasil belajar siswa karena siswa yang
memiliki motivasi sedang terbukti tidak mendapatkan nilai hasil belajar yang
tinggi, dan sebaliknya ada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi tetap
mendapatkan nilai hasil belajarnya baik. Berdasarkan analisis inferensial,
diperoleh rhitung ini dikonsultasikan ke rtabel dengan jumlah sampel penelitian 10
dan taraf kepercayaan maka diperoleh rtabel yaitu 0,021 Sehingga rhitung< rtabel atau
0,021 < 1.81246 berdasarkan data penelitian kualitatif, jika rhitung< rtabel maka Ho
diterima dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa Ha yang
diajukan dalam penelitian ini diterima dan Ho ditolak atau dapat dikatakan bahwa
ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SDN 6 Balaesang.
Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Hasil Belajar