Abstract :
Supardi B 401 17 099. Dengan judul ?Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan elektronik kartu
tanda penduduk e-KTP di Kantor Kelurahan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu?
Dibimbing oleh Hasanuddin selaku pembimbing I dan Sulfitri Husain selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja aparat dalam pelayanan e-KTP di
Kantor Kelurahan Pasangkayu. Penelitian ini menggunakan teori Agus Dwiyanto yang meliputi
5 (lima) indikator untuk mengukur kinerja aparat yaitu produktivitas, kualitas layanan,
responsivitas, responsibilitas, akuntabilitas.
Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan dasar penelitian yang digunakan
adalah kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik
penentuan informan yang digunakan adalah teknik purposive dengan jumlah informan 6 (enam)
orang, yaitu kepala kelurahan, sekretaris lurah, seksi sosial dan pemberdayaan masyarakat,
kepala lingkungan serta masyarakat yang ada di Kelurahan Pasangkayu. Teknik pengumpulan
data melalui informan disertai dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menemukan bahwa kinerja aparatur dalam pelayanan e-KTP
dinilai dari kelima indikator dua indikator belum berjalan dengan baik yaitu produktifitas dinilai
dari perilaku aparatur yang tidak disiplin, dan kualitas layanan dinilai sarana dan prasarana yang
belum memadai dalam proses pelayanan e-KTP. Adapun indikator responsivitas dinilai dari
respon atau daya tanggap yang cepat dari aparatur dalam pelayanan sudah berjalan dengan
maksimal, indikator responbilitas dinilai dari kesesuaian prosedur dalam pelayanan yang di
tunjukan aparatur sudah berjalan dengan maksimal. Sementara akuntabilitas yang dinilai dari
tanggung jawab aparatur dalam pelayanan e-KTP adanya kebijakan terhadap masyarakat yang
belum sempat melakukan pelayanan e-KTP dapat melakukan pelayanan e-KTP kembali. Kelima
indikator tersebut dapat menentukan baik atau tidaknya kinerja aparatur dalam pelayanan e-KTP
di Kantor Kelurahan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu.
Kata Kunci : produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, akuntabiltas