Abstract :
Waizan, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Model Kooperatif Tipe STAD di kelas IV SD Inpres Pombewe, Skripsi. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I): Arif Firmansyah.
Permasalahan penelitian penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di Kelas IV. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa, serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru dalam pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan berakhir pada siklus II karena dinyatakan telah berhasil, dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Inpres Pombewe yang berjumlah 12 siswa. Berdasarkan data dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pelaksanaan pembelajaran pada tindakan siklus II siswa dalam mengikuti langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkat baik dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas serta peningkatan hasil belajar siswa menjawab soal tes secara tertulis. Kondisi pembelajaran pada tindakan siklus II mengalami peningkatan dari 12 siswa semuanya dapat menjawab pertanyaan dengan baik. Rata-rata kelas mencapai 87,91. ketuntasan belajar 100%. Keberhasilan siswa ditandai keaktifan siswa mengikuti pembelajaran baik dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas serta hasil evaluasi akhir. Indikator keberhasilan yang ditetapkan 85% Ketuntasan Belajar Klasikal dan Daya Serap Individu 65% sudah berhasil.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD