Abstract :
PERMASALAHAN YANG DIRUMUSKAN DALAM PENELITIAN INI, YAITU BAGAIMANA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BOLA MELALUI METODE RASIPROKAL PADA SISWA KELAS V SDN INPRES 5 TAIPALAGA?. TUJUAN YANG INGIN DICAPAI MELALUI PENELITIAN INI, YAITU UNTUK MENGETAHUI PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BOLA MELALUI METODE RASIPOKAL PADA SISWA KELAS V SDN INPRES 5 TAIPALAGA. JENIS PENELITIAN YANG DIGUNAKAN ADALAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS ATAU (CLASSROOM ACTION RESEARCH). SUBJEK DALAM PENELITIAN INI ADALAH SISWA KELAS V DI SDN INPRES 5 TAIPALAGA, YANG BERJUMLAH 21 SISWA DAN TERDIRI DARI 9 SISWA LAKI-LAKI DAN 12 SISWA PEREMPUAN. BERDASARKAN HASIL KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG TELAH DILAKUKAN SELAMA 2 SIKLUS DAN BERDASARKAN SELURUH PEMBAHASAN SERTA ANALISIS YANG TELAH DILAKUKAN DAPAT DISMPULKAN BAHWA, MELALUI METODE RESIPROKAL TERHADAP KETERAMPILAN PASSING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS V SDN INPRES 5 TAIPALAGA TELAH MEMBERIKAN PENINGKATAN PADA SIKLUS I SEBESAR 61,90?N PENINGKATAN PADA SIKLUS II SEBESAR 95,24?NGAN SELISIH PENINGKATAN SEBESAR 33,34%. SEHINGGA DAPAT DISIMPULKAN BAHWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESPROKAL TELAH MEMBERIKAN PENINGKATAN TERHADAP KETERAMPILAN PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA SISWA KELAS V SDN INPRES 5 TAIPALAGA.