DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DI KELOMPOK B1 RA AL IKHLAS BIROBULI KECAMATAN PALU SELATAN KOTA PALU
Total View This Week2
Institusion
Universitas Tadulako
Author
NI KADEK SISKA YANTI,
Subject
Early Childhood Teacher Education 
Datestamp
2020-02-13 06:35:52 
Abstract :
ABSTRAK Ni Kadek Siska Yanti (2019) “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemandirian Anak di Kelompok B RA Al-Ikhlas Birobuli Kecamatan Palu Selatan Kota Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Hj Shofiyanti Nur Zuama. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah kemampuan kemandirian belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode demosntrasi terhadap kemandirian anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan sesuangguhnya, kemudian ditarik kesimpulan. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 15 anak, terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji-t dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung sebesar -7,313 dengan signifikan 0,000, karena sig < 0,05, maka dapat dijelaskan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan, dari analisis deskriptif, nilai rata-rata kemandiri anak, terdapat 22,22?lam kategori BSB, ada 51,13% kategori BSH, ada 15,54% kategori MB, dan ada 11,11% kategori BB. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi berpengaruh signifikan terhadap kemandirian anak. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Kemandirian  

Institution Info

Universitas Tadulako