DETAIL DOCUMENT
Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Palu Barat Kota Palu
Total View This Week2
Institusion
Universitas Tadulako
Author
DIKY JULIANTO PRATOMO,
Subject
Governance Science 
Datestamp
2020-02-13 06:35:52 
Abstract :
ABSTRAK Diky Julianto Pratomo, Stambuk B 401 16 023, Judul Skripsi “Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Pubik Di Kantor Kecamatan Palu Barat Kota Palu”. Dibimbing oleh Bapak H. Sasterio, Dimana dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimanakah Periaku Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Palu Barat Kota Palu. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dan dasar penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori Siagian tentang perilaku organisasi yang diukur dengan indikator seperti peduli, disiplin, peka, dan tanggung jawab. Dalam penelitian ini pemilihan informan diambil secara purposive sebanyak 8 orang, dimana peneliti secara sengaja akan memilih orang-orang yang dipandang memahami masalah yang diteliti. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Camat Palu Barat, Sekertaris Camat Palu Barat, Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Umum Kantor Camat Palu Barat, Seksi Pelayanan Umum Kantor Camat Palu Barat, serta 4 masyarakat Kecamatan Palu Barat Kota Palu. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di kantor Kecamatan Palu Barat Kota Palu belum berjalan dengan baik dalam memenuhi ke 4 ( empat ) aspek berikut ialah peduli, disiplin, peka, dan tanggung jawab. Adapun indikator yang sudah berjalan dengan baik dalam melihat Perilaku Birokrasi dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Palu Barat Kota Palu adalah indikator peduli, peka, dan tanggung jawab. Serta adapun indikator yang belum berjalan dengan baik Adalah indikator disiplin. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut: indikator disiplin belum cukup baik yang didasari dengan aparat birokrasi Kecamatan Palu Barat belum maksimal mengenai kedisiplinan waktu dalam menjalankan tugas mereka sebagai instrument penting pemerintah dalam menciptakan pelayanan publik yang baik, sehingga masyarakat menilai sikap kedisiplinan aparat birokrasi Di Kantor Kecamatan Palu Barat belum berjalan dengan maksimal. Kata Kunci : Perilaku Birokrasi, Peduli, Disiplin, Peka, Tanggung Jawab.  

Institution Info

Universitas Tadulako