DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KEANEKARAGAMAN HAYATI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS X IPA 4 SMA NEGERI 5 MODEL PALU
Total View This Week2
Institusion
Universitas Tadulako
Author
MA'RIFA,
Subject
Biology Education 
Datestamp
2020-02-13 06:35:52 
Abstract :
ABSTRAK Ma’rifa, (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Keanekaragaman Hayati melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Visual di Kelas X IPA 4 SMA Negeri 5 Model Palu. Skripsi, pada Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dewi Tureni. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang keanekaragaman hayati melalui model problem based learning (PBL) berbantuan media visual di kelas X IPA 4 SMA Negeri 5 Model Palu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 di SMA Negeri 5 Model Palu yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 22 orang perempuan yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan setelah melakukan pembelajaran melalui model problem based learning (PBL) berbantuan media visual pada materi keanekaragaman hayati diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat. hasil belajar siklus I diperoleh presentase daya serap klasikal sebesar 80,57?n ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%. Sedangkan hasil belajar siklus II diperoleh presentase daya serap klasikal sebesar 86,28?n ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan dari penelitian ini yaitu Penerapan model problem based learning berbantuan media visual pada materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 5 Model Palu. Kata Kunci : Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati, Problem Based Learning, Media Visual  

Institution Info

Universitas Tadulako