Abstract :
Riska Alfana Petingko. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Daerah
Layang-layang di kelas VIIA SMP Negeri 13 Sigi. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing (I) Baharuddin Paloloang (II) Evie Awuy.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model
Problem Based Learningdalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
keliling dan luas daerah layang-layang di kelas VIIA SMP Negeri 13 Sigi.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian
Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3)
observasi, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian
menunjukan bahwa hasil observasi aktivitas guru siklus I dan siklus II
memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa
siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami
peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat
baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I 41,17?n siklus II sebesar
76,47%.Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan penerapan
model Problem Based Learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
materikeliling dan luas daerah layang-layang di kelas VIIA SMP Negeri 13 Sigi,
dengan mengikuti fase-fase PBL yaitu: 1) orientasi siswa pada masalah, 2)
mengorganisasikan siswa untuk belajar, 3) membimbing penyelidikan individu
maupun kelompok, 4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan 5)
menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Kata Kunci: ModelProblem Based Learning, hasil belajar, keliling dan luas daerah
layang-layang.
v
ABSTRACT
Riska Alfana Petingko. 2019. The application of Problem Based Learning Model
can improve student learning outcomes on Perimeter and Area of Kite in class VIIA
SMP Negeri 13 Sigi. Skripsi. Mathematics Education Study Program, Department
of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and
Education, Tadulako University. Supervisor (I) Baharuddin Paloloang (II) Evie
Awuy.
This research aim to description about applying model Problem Based
Learningin an attempt improve student learning outcomes on perimeter and area of
kite in class VIIA SMP Negeri 13 Sigi. This research in classroom action research
which refers to Kemmis and Mc. Taggart research design that including are are 1)
planning, 2) doing, 3) observation, and 4) reflection. This research was conducted in
two cycles. The results showed that the results of observations of teacher activity
in cycle I and cycle II obtained very good criteria for success. The results of
observations of the activities of students in cycle I are obtaining good success
criteria, and have increased in cycle II, namely obtaining very good success
criteria. The percentage of classical learning completeness in cycle I is 41,17%
and has in cycle II by 76,47%. From the results of the research, it can be
concluded that the application of Problem Based Learning can improve student
learning outcome on circle in class VIIA SMP Negeri 13 Sigi it following PBL the
phases: 1) student orientation, 2) organize students to learn, 3) developing
independent student and groupresearch, 4) developing and presenting the work,
and 5) analyzing and evaluatingproblem solving.
Keywords:Problem Based Learning, learning outcomes, perimeter and area of
kite.