DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KIMIA ANORGANIK II DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNTAD
Total View This Week1
Institusion
Universitas Tadulako
Author
ISHAK ARIEL SANDI,
Subject
Master of Education in Natural Science 
Datestamp
2019-06-26 06:35:52 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kimia Anorganik II di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAD. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang memprogram mata kuliah Kimia Anorganik II tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas A dengan jumlah mahasiswa 42 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas B dengan jumlah mahasiswa 39 orang sebagai kelas kontrol. Pengujian data hasil penelitan menggunakan analisis statistik uji t satu pihak dengan uji prasyarat, uji normalitas dan homogenitas. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata persentase motivasi belajar mahasiswa kelas eksperimen sebesar 77,43?n pada kelas kontrol sebesar 73,02%. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 64,97 dan pada kelas kontrol sebesar 50,67. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji statistik uji t satu pihak deiperoleh nilai thitung > ttabel dengan nilai signifikansi 0,05 dan dk = 79. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan blended learning memberikan pengaruh yang positif terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Anorganik II di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAD. 

Institution Info

Universitas Tadulako