DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA MENENGAH KECIL MIKRO (UMKM) MAKANAN DAN MINUMAN DI KECAMATAN SEMARANG TENGAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
Author
ADITYA BAGUS, PRASETYO
', NURCHAYATI
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2024-06-06 03:22:05 
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap kinerja pemasaran dan mengetahui pengaruh kompetensi wirausaha terhadap kinerja pemasaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data yaitu data primer. Metode pengumpulan data melalui kusioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM Di Kecamatan Semarang Tengah yang jumlahnya sebanyak 520 UMKM. Teknik penentuan sampel yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian yaitu sejumlah 84 UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hal ini menunjukkan jika digital marketing semakin ditingkatkan maka kinerja pemasaran akan semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,021 > t tabel 1,990 dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < ? = 0,05 sehingga signifikan.. Digital marketing memiliki pengaruh sebesar 0,357 terhadap nilai kinerja pemasaran. Kompetensi wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hal ini menunjukkan jika kompetensi wirausaha semakin ditingkatkan maka kinerja pemasaran akan semakin meningkat. Hal ini nilai t hitung sebesar 3,271 > t tabel 1,990 dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < ? = 0,05 sehingga signifikan. Kompetensi wirausaha memiliki pengaruh sebesar 0,386 terhadap nilai kinerja pemasaran. 
Institution Info

Universitas 17 Agustus 1945 Semarang