DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN APARAT DESA DALAM PERSPEKTIF KEPUASAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Kantor Desa Sendang Kabupaten Batang)
Total View This Week0
Institusion
Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
Author
ALFIYATI, RIZQOH
', SUPARDJO
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2024-06-06 04:14:42 
Abstract :
Kualitas pelayanan adalah hasil perbandingan antara kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diterima dan harapan masyarakat terhadap kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy terhadap Kepuasan Masyarkat di Kantor Desa Sendang, Kabupaten Batang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua warga yang tinggal di Desa Sendang, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling sehingga diperoleh 193 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner dalam formulir tertulis yang disebar kepada responden untuk mendapatkan tanggapan mereka. Teknik analisis yang digunakan Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Kecocokan Model, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Variabel tangible (X1) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat (Y), Variabel reliability (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat (Y). Variabel responsiveness (X3) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat (Y). Variabel assurance (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat (Y). Variabel empathy (X5) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat (Y). Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat. 
Institution Info

Universitas 17 Agustus 1945 Semarang