DETAIL DOCUMENT
PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR PADA BEI TAHUN 2018 - 2022
Total View This Week0
Institusion
Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
Author
DELLA ARI, FEBIYANA
', PARJU
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2024-06-07 05:58:44 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial leverage, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Metode penentuan sampel yaitu menggunakan metode jenuh. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan mengaplikasikan data sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskripsi, uji asumsi klasik, analisis regresi data panel, koefisien determinasi, pengujian model dan uji hipotesis (Uji T). Berdasarkan hasil uji t, financial leverage berpengaruh positif tidak signifikan terhadap manajemen laba, pertumbuhan penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba, dan ukuran perusahaan berpengaruh negative tidak signifikan terhadap manajemen laba. Kata kunci: manajemen laba, financial leverage, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan. 
Institution Info

Universitas 17 Agustus 1945 Semarang