DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN TOKOPEDIA BERDASARKAN PERCEIVE EASE OF USE, EKUITAS MEREK DAN DIFERENSIASI PRODUK (Studi pada Mahasiswa FEB UNTAG Semarang)
Total View This Week0
Institusion
Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
Author
MUHAMAD PUJI, ARYONO
SUSETYO, DARMANTO
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2024-06-08 04:31:56 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceive ease of use, ekuitas merek dan diferensiasi produk terhadap loyalitas pelanggan Tokopedia. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEB UNTAG Semarang yang berjumlah 760 mahasiswa pada tahun 2023, sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 88 responden dengan teknik pemilihan sampel nonprobability sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari mahasiswa FEB UNTAG Semarang tahun 2023 melalui pengisian kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perceive ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Tokopedia. Nilai koefisien regresi variabel Perceive ease of use memiliki nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, 2) Ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Tokopedia. Nilai koefisien regresi variabel ekuitas merek memiliki nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, 3) Diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Tokopedia. Nilai koefisien regresi variabel diferensiasi produk memiliki nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Hasil pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai Adjusted R sebesar 0,730. Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya variabel perceive ease of use, ekuitas merek, diferensiasi produk, maka akan mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 73,00%. Dengan demikian, peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan melakukan penelitian pada faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi Loyalitas Pelanggan. Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Perceive Ease of Use, Ekuitas Merek, Diferensiasi Produk 
Institution Info

Universitas 17 Agustus 1945 Semarang