DETAIL DOCUMENT
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Ventela Di Kota Semarang)
Total View This Week0
Institusion
Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
Author
RIZAL ARMADANI JAYA, PUTRA
GITA, SUGIYARTI
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2024-06-08 07:07:31 
Abstract :
Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel celebrity endorser, electronic word of mouth, dan brand image terhadap minat beli masyarakat kota Semarang pada produk sepatu Ventela. Populasi penelitian adalah remaja akhir usia 20-24 tahun di kota Semarang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan convenience sampling. Jumlah sampel responden adalah 100 orang, penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Pengolahan data menggunakan analisis SEM PLS sebagai teknik analisis data, yaitu smartPLS 3 sebagai alat mengolah data. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara langsung celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, electronic word of mouth positif tetapi tidak signifikan terhadap brand image, celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sepatu Ventela di kota Semarang. Berdasarkan uji mediasi pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli dengan brand image sebagai variabel intervening positif dan signifikan, sedangkan brand image Ventela tidak dapat memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen secara positif dan tidak signifikasn. Kata Kunci : minat beli, celebrity endorser, electronic word of mouth, dan brand image 
Institution Info

Universitas 17 Agustus 1945 Semarang