DETAIL DOCUMENT
PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 4 BOJONEGORO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
MUHAMMAD KHILMI ASRORI (STUDENT ID : 201655010104068)
M. JAUHARUL MA’ARIF (LECTURER ID : 2128097201)
Subject
371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 
Datestamp
2022-07-17 13:32:38 
Abstract :
Game online dapat diartikan sebagai program permainan yang tersambung melalui jaringan internet yang dapat dimainkan kapan saja, dimana saja, Game online mempunyai jenis-jenis yang bermacam-macam dengan metode yang berbeda-beda, terlalu sering bermain game akan mengganggu segala aktifitas termasuk belajar dan mempengaruhi prestasi belajar peserta didik karna peserta didik lebih asik bermain game, adapun faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain seperti faktor internal dan eksternal. Berpijak dari uraian diatas permasalahan peneliti adalah (1) Bagaimana jenis game online berpengaruh terhadap prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Bojonegoro, (2) Apakah game online tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Bojonegoro. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui game online yang dimainkan terhadap terhadap prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Bojonegoro, (2) Mengetahui pengaruh game online terhadap prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Bojonegoro. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Seluruh data dikumpulkan dengan metode observasi, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa permainan game online siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Bojonegoro dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 72,8 dan prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam juga dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 78.9. terbukti bahwa ?r? observasi baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Taraf signifikansi 5% dan 1% lebih kecil dari pada harga kritik pada table ?r? product moment yaitu: 0.325<0.729>0.418. berdasarkan diskripsi diatas maka hipotetis kerja (Ha) di terima dan hipotetis nihil (H0) di tolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh game online terhadap prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Bojonegoro. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri