Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
ALIYA HIMATISYARIFA (STUDENT ID : 201555010103842)
ARI ABI AUFA (LECTURER ID : 2107057802)
Subject
304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Datestamp
2021-10-26 22:11:54
Abstract :
Banyak yang beranggapan bahwa perilaku ?Googling? tidak mempunyai dampak terhadap prestasi siswa, padahal perilaku ?Googling? bagi siswa sangat membantu dalam pendidikannya karena dapat memudahkan siswa untuk melakukan pencarian informasi sesuai dengan kebutuhan siswa. Oleh karena itu, perilaku ?Googling? memiliki dampak positif bagi siswa karena bisa membantu pada saat siswa mengalami kesulitan dan kekurangfahaman terhadap materi aja di Sekolah. Dalam perilaku ?Googling? banyak kegunaan yang dapat diperoleh dan berpengaruh terhadap prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui Perilaku ?Googling? pada Siswa Kelas XI di SMK Walisongo Sugihwaras Bojonegoro, (2) Untuk mengetahui Prestasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI di SMK Walisongo Sugihwaras Bojonegoro, dan (3) Untuk mengetahui Adakah Pengaruh Perilaku ?Googling? terhadap Prestasi Mata Pelajaran Penddidikan Agama Islam Siswa Kelas XI di SMK Walisongo Sugihwaras Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah teknik Purposive Sampling. Purposive Sampling adalah salah satu teknik sampling dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan, yakni sampel diambil hanya di kelas XI saja. Maka dari itu dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel sebanyak jumlah populasi yaitu 20. Hasil yang didapat dari penelitian ini menyatakan bahwa: ?rho? yang di peroleh dalam penelitian ini adalah 0,930. Sedangkan pada tabel nilai-nilai ?rho? product moment jika N = 20 taraf signifikansi 5 % adalah 0,444 sedangkan taraf signifikansi 1% adalah 0,561. Dengan demikian bahwa hasil rho (0,930) dari penelitian ini lebih besar dibandingkan taraf signifikansi 5% (0,444) maupun taraf signifikansi 1% (0,561) Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan ada Pengaruh Perilaku ?Googling? Terhadap Prestasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI di SMK Walisongo Sugihwaras Bojonegoro diterima. Sedangkan Hipotesis Nihil (Ho) yang menyatakan tidak ada Pengaruh Perilaku ?Googling? Terhadap Prestasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI di SMK Walisongo Sugihwaras Bojonegoro ditolak.