Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
Dinda Dwi Risma Wahyu (STUDENT ID : 201855010104595)
Giati Anisah (LECTURER ID : 2104079104)
Fahmi Khumaini (LECTURER ID : 2104099007)
Subject
207 Misi dan pendidikan agama
Datestamp
2022-09-08 13:17:20
Abstract :
Pembelajaran pada abad ke 21 menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa dalam merumuskan masalah, mencari tahu dari berbagai sumber, berpikir analitis, dan bekerja sama dalam menyelesaikan masalah. Sehingga siswa dituntut untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi. Rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa disebabkan oleh rendahnya kolaborasi dalam pembelajaran, sehingga keterampilan berpikir tingkat tinggi perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeteksi pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa setelah diterapkan metode Problem Based Learning pada materi adab bermedia sosial pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Tauhidiyah I Bubulan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, sedangkan modelnya ialah quasi experimental design desainnya yaitu nonequivalent control group pretest-posttest design. Penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun sampelnya ialah 15 siswa kelas eksperimen dan 15 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan ialah analisis statistik deskriptif dan inferensial.
Pada uji deskriptif berdasarkan uji N-Gain, diperoleh nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen adalah 0,58 yang berada pada kategori sedang. Sedangkan pada uji statistik inferensial dengan menggunakan rumus independent samples test dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji tersebut, maka diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,752 > 1,701 dan nilai sig (2-tailed) 0,001 < 0,005 sehingga dapat diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasakan hasil analisis statistik deskriptif, inferensial dan observasi maka dapat disimpulkan bahwa penggunakan metode Problem Based Learning berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada materi adab bermedia sosial pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Tauhidiyah I Bubulan dan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik setelah diterapkan metode Problem Based Learning berada dalam kategori sedang.