DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM PURWOASRI SUKOSEWU BOJONEGORO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
NURUL FAIZAH (STUDENT ID : 201855010104526)
Fauziah Zumrotul (LECTURER ID : 2112119203)
Shofiyuddin Ahmad (LECTURER ID : 2115058905)
Subject
297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai 
Datestamp
2022-09-10 03:41:25 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian siswa kelas VII dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak di MTs. Darul Ulum Purwoasri Sukosewu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre eksperimen dengan desain one shot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs. Darul Ulum Purwoasri Sukosewu kelas VII dengan jumlah siswa sebanyak 24. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan wawancara untuk memperdalam data terkait respon penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VII. Teknik analisis data yakni uji hipotesis menggunakan teknik analisis Product Moment Correlation. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak, hasilnya diperoleh dari pengujian korelasi yaitu rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,521 > 0,404 yang berada pada interval 0,40 - 0,599 pada tingkat hubungan yaitu cukup. Dengan nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,009 < 0,05 atau nilai signifikansi kurang dari 0,05. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri