DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN SOCRATIC METHOD DALAM ‎MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA ‎MATA PELAJARAN KHULAṢAH NURUL YAQIN DI ‎MADRASAH DINIYAH IRSYADUL MUBTADIIN ‎PRAMBONTERGAYANG SOKO TUBAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
M. FATKHUL ULUM (STUDENT ID : 201855010104641)
Chafidz Affandi (LECTURER ID : 0000000000)
Subject
371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 
Datestamp
2022-09-12 07:58:51 
Abstract :
Belajar pada hakikatnya adalah keterlibatan aktif siswa dalam ?memahami konsep-konsep, memecahkan masalah dan menemukan segala ?sesuatu untuk dirinya. Strategi, metode, teknik serta media yang digunakan ?guru dalam kegiatan pembelajaran harus mampu menjadikan siswa ikut ?berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. ? Dalam penelitian ini yang dilatarbelakangi kurangnya Keaktifan siswa ?dalam proses pembelajaran Khula?ah Nurul Yaqin pada Madrasah Diniyah ?Irsyadul mubtadiin Prambontergayang Soko Tuban terlihat bahwa kurangnya ?keaktifan siswa dalam menanggapi atau memberi jawaban atas petanyaan - ?pertanyaan yang diajukan guru pada mereka yang akhirnya diadakanlah ?metode mengajar ala socrated yang diharapkan mampu memberikan ?perubahan yang signifikan dalam proses belajar mengajar khususnya di mata ?pelajaran Khula?ah Nurul Yaqin. ? Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Irsyadul Mubtadiin ?Prambontergayang Soko Tuban, jenis penelitian kuantitatif, dalam penelitian ?ini yang menjadi populasi adalah murid kelas 3 Diniyah dengan jumlah 180 ?siswa, siswa kelas 3 sebagai sampel observasi, interview, dokumentasi, dan ?angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan ?product moment dilanjutkan dengan t hitung.? Berdasarkan analisis dalam proses pembelajaran selama dua pertemuan ?didapati bahwa Penerapan Socratic Method tergolong baik yaitu dengan nilai ?observasi 3,44 dan prosentase hasil angket 66%. Hasil analisis untuk ?Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dengan Penerapan Socratic ?Method tergolong baik karena dapat dilihat dari nilai observasi keaktifan ?belajar siswa 3,42 dan hasil angket 67%. Untuk mengetahui keefektifan ?teknik bertanya dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari ?hasil product moment dengan nilai 0,4385 tergolong adanya hubungan yang ?cukup kuat, dilanjutkan t hitung dengan hasil 2,436 terbukti bahwa t hitung ?lebih besar dari t tabel , atau 2,436 > 2,060, maka ada hubungan yang ?signifikan. Jadi, Penerapan Socratic Method berpengaruh baik dalam ?meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Khula?ah Nurul ?Yaqin di Madrasah Diniyah Irsyadul Mubtadiin Prambontergayang Soko ?Tuban. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri