DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PEMBIASAAN MATRA CERIA (MANDIRI, TERAMPIL, CERDAS, BERIMAN, BERAKHLAK MULIA) DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TEMAYANG BOJONEGORO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
SA'ADAH, LAILATUS
Sri Minarti (LECTURER ID : 2110027101)
Giati Anisah (LECTURER ID : 2104079104)
Subject
370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 
Datestamp
2022-09-14 04:57:24 
Abstract :
Kreativitas merupakan salah satu faktor yang perlu dikembangkan. Namun banyak orang tua yang sibuk dalam hal pekerjaan, hingga lupa dalam memperhatikan perkembangan anaknya. Banyak orang tua yang kurang menyadari keterampilan dan bakat anaknya sendiri terutama kreativitas anak. Para orang tua sekarang lebih suka melempar tanggung jawab untuk mendidik anaknya pada lingkungan sekolah. Melihat kondisi waktu yang dihabiskan di sekolah dengan di rumah lebih banyak waktu yang dihabiskan yang di rumah. Hal ini juga terjadi di SMP Islam Temayang Bojonegoro yang mana para orang tua dalam mendidik anaknya lebih suka melempar tanggung jawab kepada pihak sekolahan. Menanggapi hal tersebut SMP Islam Temayang Bojonegoro berupaya dengan membuat program pembiasaan matra ceria dalam mengembangkan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru SMP Islam Temayang Bojonegoro. Dalam proses analisa data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan perpanjangan penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) implementasi pembiasaan matra ceria dalam mengembangkan kreativitas siswa di SMP Islam Temayang Bojonegoro meliputi tiga langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada langkah perencanaan yang dilakukan adalah menyusun kegiatan pembiasaan matra ceria, membuat jadwal pelaksanaan dan penanggungjawab. Langkah kedua yaitu pelaksanaan dari pembiasaan matra ceria dan Langkah ketiga yaitu evaluasi yang dilakukan adalah melakukan evaluasi pengamatan terhadap perilaku siswa. (2) kendala dari implementasi pembiasaan matra ceria dalam mengembangkan kreativitas siswa di SMP Islam Temayang Bojonegoro meliputi, kurangnya kerjasama dari pihak orang tua, kendala dari siswa, dan pengaruh dari lingkungan sekitar. Sedangkan solusi untuk mengatasi dari kendala implementasi pembiasaan matra ceria dalam mengembangkan kreativitas siswa di SMP Islam Temayang Bojonegoro meliputi, mengadakan sosialisasi dengan orang tua, memberikan sanksi, dan menjauhi pergaulan yang bersifat negatif. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri