DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI LITERASI INFORMASI SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH MUSTHOFAWIYAH DESA NGURUAN KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
SITI NUR AFIFAH (STUDENT ID : 201855010104629)
GIATI ANISAH (LECTURER ID : 2104079104)
KHOIROTUS SILFIYAH (LECTURER ID : 2119049201)
Subject
207 Misi dan pendidikan agama 
Datestamp
2022-12-01 06:18:14 
Abstract :
Gerakan serentak yang dianjurkan oleh pemerintah berupa Literasi. Secara umum literasi merupakan kemampuan dalam membaca, menulis, berbicara dan penggunaan bahasa. Peserta didik diharapkan mampu memperoleh keterampilan literasi informasi, sehingga dapat mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan menyelesaikan masalah dan motivasi untuk belajar. Pogram penguasaan literasi informasi dianggap dapat menciptakan keberaksaraan yang berbasis keterampilan (skill based literacy). Termasuk di dalam keterampilan ini adalah kemampuan mencari informasi, memilih sumber informasi secara cerdas, menilai dan memilih sumber informasi menggunakan dan menyajikan informasi secara etis. Hal ini juga diterapkan oleh Madrasah Tsanawiyah Musthofawiyah Desa Nguruan Kecamatan Soko Kabupaten Tuban kepada siswa disetiap mata pelajaran terutama pada mata pelajaran fikih di kelas VIII. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskripstif. Data diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur dan mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi Kepala Madrasah Tsanawiyah Musthofawiyah, guru mata pelajaran fikih, dan peserta didik kelas VIII. Penelitian ini mrnggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Madrasah Tsanawiyah Musthofawiyah sudah menerapkan literasi informasi sejak tahun 2020 dan pemahaman yang cukup tentang literasi informasi membuat guru fikih berperan sebagai fasilitator dalam menerapkan literasi informasi siswa pada mata pelajaran fikih. Hal ini dapat dilihat dari hasil kemampuan literasi informasi siswa pada mata pelajaran fikih terbilang sudah baik. Sesuai hasil wawancara dan observasi oleh peneliti bahwa siswa sudah memiliki standar penguasaan literasi informasi dan indikator dalam kategori baik. Kata kunci : Implementasi, Literasi Informasi, Fikih 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri