DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTIK BERPASANGAN) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMPN 1 SUGIHWARAS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
SHINTA NURMALIA AFRIDA (STUDENT ID : 201855010104444)
Ahmad Manshur (LECTURER ID : 2122037701)
Saeful Anwar (LECTURER ID : 2115118902)
Subject
153.1533 Interest and Enthusiasm/Minat dan Antusiasme Belajar 
Datestamp
2022-09-16 01:28:32 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Sugihwaras. Penurunan hasil belajar ini, disebabkan oleh keterbatasan guru dalam pengembangan model pembelajaran aktif. Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Sugihwaras masih menggunakan model pembelajaran klasik sehingga membuat siswa menjadi bosan karena hanya menjadi audiens saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam mengenai implementasi model pembelajaran practice rehearsal pairs (praktek berbasangan) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana data diperoleh dari hasil observasi, wawancara serta dokumentasi. Penelitian kualitatif dilaksanakan untuk membangun pengetahuan melalui pemahaman dan penemuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Sugihwaras Bojonegoro dengan jumlah siswa sebanyak 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Implementasi model pembelajaran practice rehearsal pairs pada mata pelajaran PAI diterapkan melalui tiga tahapan, yaitu tahap awal, tahap pelaksanaan serta tahap evaluasi. (2) Berdasarkan data hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI setelah dterapkannya model pembelajaran practice rehearsal pairs mengalami peningkatan. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) memberikan dampak positif terhadap pembelajaran siswa di dalam kelas serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Sugihwaras. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri