Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
Sya'diyah, Melviya Nurus
Sri Minarti (LECTURER ID : 2110027101)
Giati Anisah (LECTURER ID : 2104079104)
Subject
373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Datestamp
2022-09-17 06:58:06
Abstract :
Kemampuan literasi informasi sangat penting karena pesatnya kemajuan teknologi. Literasi informasi menyebabkan masyarakan memerlukan keahlian tersebut. Miliaran informasi yang tersedia membuat pencari dan pengguna infomasi kebingungan untuk mendapatkan informasi yang relevan. Literasi informasi digital adalah kemampuan untuk menemukan atau mencari informasi, mengevaluasi informasi dan menggunakan informasi melalui media digital. Penelitian ini bertujuan untuk:1. Bagaimana penerapan literasi informasi digital dalam pembelajaran SKI materi Dinasti Abbasiyah Kelas VII di MTs Sabilul Muttaqin Margoagung? 2. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat optimalisasi literasi informasi digital dalam pembelajaran SKI materi Dinasti Abbasiyah di MTs Sabilul Muttaqin Margoagung?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (studi kasus) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara,dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa:penerapan literasi informasi digital dalampembelajaran SKI di Mts Sabilul Muttaqin Margoagung sudah diterapkan dengan baik. Dalam penerapan tersebut ada beberapa tahap yaitu: 1). mencari atau menemukan, dalam mencari atau menemukan melalui media digital tersebut peserta didik dalam kategoriyang baik karena dalam menemukan atau mencari informasi dari medi digital tersebut pendidik benar- benar melihat atau mengawasi sumber informasi yang didapat. 2). mengevaluasi, dalam mengevaluasi tersebut peserta didik benar- benar membaca informasi dari media dgital secara kitis dan mengambil informasi tersebut dengan baik. Maka dalam mengevaluasi tersebut peserta didik dalam kategori yang baik.3). menggunakan informasi dari media digital, peserta didik dalam kategori yang baik karena dalam menggunakan informasi tersebut peserta didik mampu membedakan informasi yang fakta dan hoax.
Dalam penerapan tersebut ada factor pendukung dan penghambatoptimalisasi literasi informasi digital dalam pembelajaran SKI materi Dinasti Abbasiyah di MTsSabilul Muttaqin Margoagung. Factor pendukungnya adalah: mengadakan pelatihan, motivasi yang kuat dari pendidik. Sedangkan factor penghambatnya adalah: tidak terfokus pada pembelajaran, signal atau jaringan internet.