DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII MATERI SHALAT DALAM KONDISI TERTENTU DI MTS TARBIYATUL ISLAM SOKO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
FINA UMI NURSITA (STUDENT ID : 201855010104598)
Ahmad Manshur (LECTURER ID : 2122037701)
Zumrotul Fauziah (LECTURER ID : 2112119203)
Subject
297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai 
Datestamp
2022-09-20 04:41:37 
Abstract :
Baru-baru ini proses pembelajaran di kelas secara tatap muka langsung (face to face) telah kehilangan daya tariknya di kalangan pelajar. Hal ini tidak lain dikarenakan kemajuan IPTEK di abad 21, sehingga memaksa guru yang mengajar siswa di setiap jenjang pendidikan untuk mengubah perilaku dan pola pikir. Di MTs Tarbiyatul Islam, di dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar tentu banyak sekali kendala. Diantaranya kendala jaringan, kendala sarana prasarana, kendala peserta didik sulit diatur dan sulit mengakses maupun menangkap pelajaran online maupun tatap muka. Blended learning adalah strategi pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai salah satu tujuan yaitu efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 25 siswa pada kelas eksperimen dan 25 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes (pretest dan postest) dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Implemnetasi pembelajaran berbasis blended learning pada mata pelajaran Fikih dengan menggunakan model blended learning face to face yang diikuti siswa secara tatap muka langsung dengan dilanjutkan mengakses aplikasi yaitu google classroom, dan (2) Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis blended learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih materi shalat dalam kondisi tertentu. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri